-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

20 August 2007

Fauzi Bowo Akan Tuntaskan BKT

Pos Kota
20 Agustus 2007

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur terpilih pada pilkada 8 Agustus, H. Fauzi Bowo, bertekad menuntaskan pembangunan Banjir Kanal Timur (BKT).

Hingga kini BKT masih berkutat dalam proses pembebasan lahan. BKT direncanakan sepanjang 23,7 KM dengan lebar 100 meter. Saat ini sekitar 80 persen lahan tersebut sudah dibebaskan.

Menurut Fauzi, BKT diperlukan untuk menuntaskan masalah banjir di Jakarta. Pada akhirnya BKT tersebut akan berhubungan dengan Banjir Kanal Barat yang sudah ada, sehingga bentuknya nanti seperti tapal kuda.

Sesuai rencana, BKT diharapkan bisa mengendalikan banjir wilayah timur Jakarta, dengan menampung aliran 5 sungai yaitu Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jatikramat dan Kali Cakung.

270 KM2
BKT nantinya bisa melindungi daerah seluas 270 km2 di wilayah Timur bagian Utara DKI Jakarta, yakni kawasan industri, perdanganan, pergudangan dan permukiman.

Ia menjelaskan, bila proses pembebasan lahan rampung maka pembangunan fisik akan dimulai.

Dana yang diperlukan untuk pembangunan BKT sebesar Rp 2,1 trilyun yang ditanggung pemerinah pusat. Sedangkan untuk pembebasan lahan Rp 1,9 trilYun yang ditanggung Pemda DKI Jakarta.

Hambatan terbesar dalam pembangun banjir kanal, adalah pembebasan lahan. “Masyarakat yang dilewati proyek seharusnya merelakan tanah dibeli dengan harga berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak”, ujarnya.
(john)