-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 August 2007

Sujinah, Derita TKW yang Berulang


Liputan6.com
28/08/2007 02:39 Kasus TKI

Pasuruan: Kasus penyiksaaan terhadap tenaga kerja wanita asal Indonesia yang bekerja di luar negeri terus terjadi. Seorang TKW asal Pasuruan, Jawa Timur, sering menerima perlakuan tidak senonoh dari majikannya di Kota Jedah, Arab Saudi. Hal itu pula yang membuatnya nekat melarikan diri dan menanggung cedera hingga kini.

Diceritakan Sujinah, sang majikan sering melakukan pecehan seksual dan bahkan hendak memerkosanya. Lantaran tak tahan, Sujinah melarikan diri lewat pintu jendela lantai tiga rumah majikannya menggunakan kain yang disambung. Nahas, kain tersebut putus dan Sujinah terjatuh. Dia mengalami patah tulang kaki dan punggung.

Kini, kondisi TKW warga Mlaten, Nguling, Pasuruan ini sudah mulai membaik, meski harus sering berbaring di kamarnya. Sudah sepekan Sujinah berada di rumah setelah selama dua bulan menjadi pembantu rumah tangga di luar negeri. Pihak yang memberangkatkan Sujinah dan Dinas Tenaga Kerja sampai saat ini belum memberikan bantuan apa pun.

Derita Sujinah menambah panjang rentetan derita sejumlah TKW yang bekerja di luar negeri. Beberapa waktu lalu, dua orang TKW yang bekerja di Malaysia juga mendapatkan perlakuan kasar dari majikannya dan melarikan diri dari rumah bertingkat [baca: TKI Kabur dari Lantai 22].(ADO/Dandy Arigafur)