-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

08 September 2007

Aisah binti Oleh Dunjati, 35, Gantung Diri di Kantor PJTKI (Jaktim)

Kompas
Sabtu, 08 September 2007

TKW Dilaporkan Hilang
Seorang TKI di Jakarta Timur Tewas Gantung Diri

Serang, kompas - Setelah hampir tiga tahun bekerja di Suriah, empat tenaga kerja wanita asal Kampung Singapadu, Desa Kebon Ratu, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, tidak diketahui keberadaannya. Pihak keluarga tidak mendapatkan kabar dari para tenaga kerja itu.

Empat tenaga kerja wanita (TKW) itu, Asiah (17), Dalilah (17), Munawarah (32), dan Ati (30), bersama-sama berangkat pada April 2005, melalui seorang calo perusahaan pengerah jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI), yang biasa mereka sebut sponsor, bernama Sujani.

Pada tahun pertama, para TKW itu sempat mengirimkan kabar melalui surat atau telepon. Namun, dua tahun terakhir, pihak keluarga tidak pernah lagi mendapatkan kabar berita.

Pihak keluarga melaporkan hal itu ke Kepolisian Daerah Banten. "Hari Kamis (6/9) kami ke polda untuk melaporkan hal itu. Kami berharap akan mendapat kejelasan setelah lapor polisi," kata Hasan Basri, kerabat Asiah, saat ditemui di Kampung Singapadu, Jumat kemarin.

Sarwiyah (39), ibu Asiah, menuturkan, anaknya bekerja di luar negeri atas kemauan sendiri.

Selama bekerja, Asiah pernah satu kali memberi kabar melalui surat. Dalam suratnya, Asiah mengatakan bahwa dirinya akan dikontrak kerja selama tiga tahun, tetapi tidak disebutkan apa yang akan dikerjakannya.

TKW lain, Dalilah, yang rumahnya berseberangan dengan rumah Asiah, pernah memberikan surat dan menelepon pihak keluarga. Bahkan, dia sempat mengirim gaji selama tujuh bulan pertama sebanyak Rp 5 juta kepada keluarga.

Gantung diri

Di Jakarta, Aisah binti Oleh Dunjati (35) nekat mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri di kantor PJTKI PT Jasebu Prima Internusa, di Jalan Man VI, RT 08 RW 04, Kelurahan Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia ditemukan tergantung di balok kayu kaso yang melintang antara salah satu bangunan gudang PJTKI itu dan bangunan toilet pada Jumat pukul 12.00.

Dari kondisi tubuh Aisah, diduga korban telah gantung diri beberapa hari lalu. Tubuh dan wajah Aisah telah membusuk dan berwarna hitam. Menurut salah seorang temannya, Aisah menghilang selama empat hari. Semula pihak PJTKI mengira Aisah kabur. Namun, ketika dicari ke rumahnya di Cianjur, Aisah tidak ada. (nta/arn)