-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 January 2008

Pacu SMK Pertanian, Siswa Diberi Beasiswa

29/1/2008

JAKARTA--MI: Untuk mengantisipasi melambungnya harga produk pertanian, Depdiknas pacu perkembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan pertanian.

Direktur SMK Ditjen Dikdasmen Depdiknas Joko Sutrisno mengatakan siswa yang mengambil jurusan pertanian, langsung mendapat bea siswa Rp65.000 per siswa per bulan.

"Saya berharap dengan beasiswa ini, anak-anak akan terangsang untuk mempelajari ilmu pertanian dan mengembangkan sektor pertanian kita," kata Joko Sutrisno di Jakarta, Selasa (29/1).

Mahalnya harga produk pertanian yang terjadi belakangan ini, menurut Joko tidak terlepas dari kurang majunya sektor pertanian kita. Kita lebih banyak bergantung pada pasokan pangan dari negara lain. Untuk itu perlu dipacu munculnya sekolah-sekolah pertanian, sehingga nantinya kebutuhan tenaga pertanian yang terdidik akan terpenuhi.

Saat ini jumlah SMK yang membuka jurusan pertanian tercatat 215 sekolah. Jumlah siswanya diperkirakan sekitar 200 ribu siswa.

Beasiswa untuk jurusan khusus ini, Depdiknas menyiapkan sekitar 36 ribu peluang. Selain beasiswa khusus itu, Depdiknas juga menyiapkan beasiswa bagi siswa miskin berjumlah 422.011, beasiswa khusus dari Yayasan Supersemar mencapai 15 ribu orang ditambah beasiswa dari masing-masing pemda yang jumlahnya bervariasi.

Membanjirnya tawaran beasiswa tersebut, diakui Joko mampu meningkatkan jumlah siswa SMK. Dalam kurun setahun terakhir ini terdapat penambahan siswa hingga 15%.

Selain jurusan pertanian, jurusan yang kini mendapatkan perhatian khusus dari Depdiknas adalah jurusan kesenian seperti seni tari, seni kriya, seni dalang, dan sebagainya. Menurut Joko, jurusan kesenian perlu mendapat dukungan agar lebih menarik mengingat seniman dibutuhkan untuk mempertahankan seni dan budaya asli bangsa. (Win/OL-03)