-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 February 2008

Pengiriman TKI dari Sumsel ke Malaysia Cukup Besar

Pengiriman TKI dari Sumsel ke Malaysia Cukup Besar
 
PALEMBANG—MI: Pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Sumsel ke Malaysia dan beberapa negara Asia lainnya masih cukup besar.
 
Berdasarkan data pada 2007 lalu, tercatat 2.520 TKI Sumsel diberangkatkan ke sejumlah negara di Asia, dari jumlah itu sebagian besar ke Malaysia dan Singapura, kata Kadisnaker Sumsel Mansyur Yan di Palembang, Kamis (21/2).
 
Menurut Mansyur, secara umum pengiriman TKI asal provinsi ini tidak mengalami gangguan, meskipun sering terjadi kasus perlakukan kurang baik terutama dari oknum warga negara Malaysia terhadap pekerja Indonesia.
 
Untuk mempertahankan kondisi yang baik itu, pihaknya berupaya secara selektif memberikan izin pemberangkatan TKI bagi perusahaan pengerah jasa tenaga kerja tersebut.
Selain itu, pihaknya berupaya memberikan pelatihan kepada calon TKI sehingga mereka memiliki keahlian atau keterampilan sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang mempekerjakan mereka, katanya.
 
Ia mengatakan, peluang kerja ke luar negeri akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan divisa negara.
 
Melalui upaya tersebut diharapkan angka pengangguran di provinsi berpenduduk sekitar tujuh juta jiwa ini bisa diminimalisasi dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, tambahnya. (Ant/OL-02)
 


Never miss a thing. Make Yahoo your homepage.