-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

25 June 2008

Pengurusan Paspor TKI di Malaysia Selesai 3 Jam

Rabu, 19 Maret 2008 | 00:30 WIB
 

Kuala Lumpur, Kompas - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, kini hanya membutuhkan waktu 15 menit hingga tiga jam untuk menyelesaikan berbagai dokumen, termasuk paspor, bagi tenaga kerja Indonesia di sana. Ini suatu kemajuan, mengingat sebelum 11 Januari 2008 perlu waktu 41 hari untuk menyelesaikan dokumen seperti itu.

 

Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur Tatang B Razak, Selasa (18/3), mengatakan, sebelumnya penyelesaian dokumen atau paspor relatif lama, antara lain, karena personel yang melayani sangat terbatas. Padahal, lanjutnya, jumlah TKI yang datang ke KBRI Kuala Lumpur dalam sehari bisa mencapai 1.000 orang. "Akibatnya, sering kali terjadi antrean panjang dan hal itu dimanfaatkan calo-calo paspor atau dokumen. Para calo itu tak jarang menipu dan merugikan para TKI," katanya.

 

Upaya memudahkan pelayanan dan memberi perlindungan kepada TKI, kata Tatang menjelaskan, memang tidak diselenggarakan secara langsung. Ini melalui proses dan bertahap. "Perbaikan awal dikerjakan pada 12 Maret 2007 dengan memulai perbaikan manajemen pelayanan," ujarnya.

 

Salah satu manajemen pelayanan yang diperbaiki, kata Tatang mencontohkan, yakni pelayanan penyelesaian paspor. Jika sebelumnya dilakukan dengan tulis tangan, sekarang menggunakan sistem cetak manual atau nonbiometric dan scanning foto.

 

Komputer

Bambang Widodo, Atase Imigrasi KBRI Kuala Lumpur, menambahkan, perbaikan pelayanan dilakukan dengan menambah perangkat komputer, yang sebelumnya 12 unit menjadi 40 unit.

 

Tarif pengurusan dokumen atau paspor, kata Bambang lagi, juga tergolong murah. Untuk paspor setebal 24 halaman, misalnya, tarifnya 22 ringgit Malaysia (RM) atau lebih kurang Rp 64.000. Paspor 48 halaman dikenai tarif 88 RM (Rp 255.000), sedangkan surat paspor laksana perjalanan (SPLP) dikenai biaya 18 RM (Rp 52.000).

 

Ramlah (30), TKI asal Sampang, Madura, yang ditemui saat mengurus dokumen di ruang tunggu TKI di KBRI Kuala Lumpur, mengatakan, pelayanan cepat kali ini merupakan suatu kejutan. "Sangat membantu saya," katanya gembira. (hln)

 

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/03/19/00302620/pengurusan.paspor.tki.di.malaysia.selesai.3.jam