-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 July 2008

12 Tahun Rizki Derita Gizi Buruk Hingga Lumpuh

Minggu, 27 Juli 2008 - 15:48 wib
PANDEGLANG - Seorang bocah di Pandeglang, Banten, terpaksa dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Pandeglang karena menderita gizi buruk akut.

Ironisnya, bocah yang kini berusia 13 tahun itu, baru dirawat di rumah sakit setelah selama 12 tahun tak tersentuh medis dan hanya dirawat dirumah oleh ibunya.

Kondisi tubuh Ahmad Rizki memang sangat memprihatinkan. Di usia 13 tahun, Rizki hanya memiliki berat badan 6 kilogram saja.

Hal itu membuat kondisi tubuh Rizki tak sempurna, kedua tangan dan kakinya melipat dan tak bisa lagi diluruskan hingga mengalami kelumpuhan.

Tak sebagus namanya, Rizki tampak seperti mumi kering, perutnya kempis tak berdaging dan hanya bola mata saja lah yang bisa digerakkannya.

Rizki yang kini manjalani perawatan di ruang anak RSU Pandeglang itu adalah putera kedua dari enam bersaudara.

Masnah, ibunda rizki adalah seorang janda yang hanya bekerja sebagi pembuat kerupuk melinjo di kediamannya di Desa Dahu, Kecamatan Cikeudal, Pandeglang, dengan penghasilan Rp5.000 perhari.

Rizki mulai menderita gizi buruk sejak berusia 1 tahun, namun karena masnah tak memiliki uang untuk berobat, akhirnya selama 12 tahun Rizki hanya dirawat di rumahnya saja hingga kondisinya seperti sekarang.

Rizki saat ini telah dirawat secara baik dirumah sakit, namun, hal itu bukan berarti keluarganya tak butuh biaya untuk penyembuhan Rizki. Apadaya, Masnah hanya dapat menanti uluran tangan para dermawan yang menysihakn sedikit rezeki untuk Rizki.

(Bayu Adi Wicaksono/Global/uky)