-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

22 September 2008

Kiriman Uang TKI Asal Madiun Meningkat

Rabu, 17 September 2008 | 16:53 WIB

MADIUN, RABU - Dua minggu menjelang hari raya Lebaran, kiriman uang dari tenaga kerja Indonesia asal Madiun dan sekitarnya yang bekerja di luar negeri mulai meningkat. Kiriman uang melalui kantor pos saja bisa Rp 100 juta dalam sehari, belum lagi kalau dihitung transfer antarbank.

Supervisor Sumber Daya Manusia Kantor Pos Madiun PT Pos Indonesia, Haryanto, Rabu (17/9), mengatakan kiriman uang sebanyak Rp 100 juta itu dikirim oleh 80 orang, sehingga setiap orang rata-rata mengirimkan sekitar Rp 1,25 juta.  

"Kalau hari biasa, maksimal pengiriman uang hanya sekitar Rp 50 juta dalam sehari. Namun sekarang jumlah itu sudah naik dua kali lipat," ujarnya.

Peningkatan pengiriman uang dari luar negeri ini sudah mulai terlihat sejak pekan lalu. Jumlah kiriman uang yang disebut remittance itu bisa meningkat lagi satu minggu sebelum Lebaran.

Pengiriman uang melalui kantor pos, menggunakan wesel pos instan, yang bekerja sama dengan western union. Dalam waktu sepuluh menit setelah TKI mengirimkan via wesel, penerima uang di Madiun sudah bisa mengambil uang yang dikirim tersebut di kantor pos terdekat.

Jumlah uang yang dikirimkan oleh TKI di luar negeri ke Madiun ini bisa lebih besar jumlahnya. Pasalnya, TKI tidak hanya mengirimkan uang via wesel pos instan tetapi juga melalui transfer antarbank.

Kasubdin Penempatan Latihan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun, Suhartanto, mengatakan peningkatan kiriman uang oleh TKI di luar negeri memang selalu terjadi setiap mendekati Lebaran.   

"Mereka biasa mengirimkan dulu uang itu ke keluarga mereka sebelum mereka pulang , sehingga saat perjalanan pulang mereka tidak membawa uang," katanya.

Namun berapa total jumlah uang yang telah dikirimkan TKI mendekati Lebaran kali ini, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun belum mengetahui jumlahnya. "Kami belum mendapatkan laporan dari Bank Indonesia yang memang bertugas mencatat jumlah remittance," tambahnya.

Antonius Ponco A


http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/17/16530256/kiriman.uang.tki.asal.madiun.meningkat..