-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

25 September 2008

Pemerintah akan Perhatikan Kesejahteraan TKI

Selasa, 23/09/2008 19:09 WIB
Pemerintah akan Perhatikan Kesejahteraan TKI
Muhammad Aminudin - detikNews

(foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Pemerintah telah melakukan pendekatan bilateral kepada seluruh negara tujuan TKI bekerja. Pertemuan itu bertujuan untuk menemukan kesepakatan penyelesaian masalah TKI di luar negeri selama bekerja.

"Dalam kesepakatan itu juga meminta adanya kesejahteraan bagi TKI selama bekerja," kata Menteri Tenaga Kerja Erman Suparno saat berkunjung di kediaman Ketua PBNU KH.Hasyim Muzadi di kompleks Ponpes Al-Hikam Jalan Cengger Ayam, Kota Malang, Selasa (23/9/2008) petang.

Selain itu, lanjut Erman, juga ada kesepakatan tentang persamaan hak untuk para TKI selama bekerja di negara tujuan. Jadinya, tidak akan lagi terjadi kasus diskriminasi kepada para TKI selama berbaur dengan para pekerja lain.

"TKI dapat bekerja sesuai keahlihannya. Tanpa ada perbedaan dengan pekerja lain," tegas Erman pada wartawan.

Semua itu juga didukung dengan modal TKI yang diberangkatkan telah mempunyai keahlihan sesuai bidangnya. Tugas pemerintah daerah mengontrol para TKI yang berangkat telah mempunyai keahlihan.

Kesepakatan yang dibuat di seluruh negara di Asia Pasifik yang merupakan tujuan para TKI bekerja itu. Diharapkan akan merubah dan membenahi permasalahan yang kerap terjadi menimpa para TKI di luar negeri.(bdh/djo) http://www.detiknews.com/read/2008/09/23/190917/1011285/10/pemerintah-akan-perhatikan-kesejahteraan-tki