-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

27 October 2008

TKW Asal NTB Hilang di Jordania

Sabtu, 25 Oktober 2008 | 17:31 WIB

MATARAM,SABTU-Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Faizah(18) yang bekerja di Jordania sejak tahun 2005 diduga hilang di negara itu setelah dua tahun terakhir ini hilang kontak dengan sanak keluarganya.

"Kami sudah berupaya meminta bantuan Perwakilan RI di Jordania untuk mencari TKW asal NTB yang diduga hilang oleh sanak keluarganya itu," Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi NTB, Muhammad Agus Patria, saat berdialog dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal NTB, di Mataram, Sabtu (25/10). Muhammad Agus mengatakan, pada Kamis (23/10) lalu, sanak keluarga Faizah yang didampingi oleh pegiat LSM Koslata melaporkan bahwa TKW asal NTB yang diberangkatkan secara resmi oleh PT Bantal Perkasa Sejahtera sejak tahun 2005, tidak lagi diketahui keberadaannya.

Sejak dua tahun terakhir ini, Faizah tidak lagi menghubungi sanak keluarganya dan juga tidak bisa dihubungi sehingga mencemaskan dan memunculkan dugaan hilang.

Karena itu, pihaknya berupaya menjalin koordinasi dengan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) NTB dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) di Jakarta untuk menyikapi permasalahan tersebut.

Upaya koordinasi juga dilakukan dengan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) PT Bantal Perkasa Sejahtera yang berbasis di Jakarta selaku pihak yang memberangkatkan TKW asal NTB itu.       

"Kami juga sangat mengharapkan dukungan anggota DPD dalam membantu memperjelas keberadaan TKW asal NTB itu. Dugaan hilang harus diperjelas agar sanak keluarganya tidak dilanda kecemasan berkepanjangan," ujar Patria.

Dia mengaku, telah menyarankan sanak keluarga Faizah juga melaporkan dugaan orang hilang itu kepada aparat kepolisian Polda NTB untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Menyikapi hal itu, anggota DPD asal NTB, H. Harun Al Rasyid, meminta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB itu agar segera menyampaikan laporan tertulis agar dapat ditindaklanjuti melalui jalur koordinasi DPD.

"Tolong buat laporan tertulis berisi data dan catatan lengkap disertai dokumen pemberangkatan TKW itu agar kami tindaklanjuti di Jakarta," ujar Rasyid.

Janji untuk menindaklanjuti laporan TKW hilang di luar negeri itu juga diungkapkan anggora DPD asal NTB lainya yakni H. Syahdan Ilyas, H. Lalu Yusuf dan H.I.Abdul Muhyi Abidin.

Sementara itu, anggota DPR dari Komisi V, H. Edy Wahyudin, yang mengisi posisi KH.M. Zainul Majdi di DPR dari Partai Bulan Bintang (PBB) karena menjadi Gubernur NTB, juga berjanji akan menyikapi dugaan orang hilang itu melalui jalur DPR.


http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/25/17310435/tkw.asal.ntb.hilang.di.jordania