-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

24 November 2008

Satu Menit Langsung Sampai

Batam Pos, Jumat, 21 November 2008

Pengiriman Uang di Western Union

WARGA Batam dan Kepulauan Riau yang akan mengirimkan uang ke luar negeri bisa menggunakan jasa cepat pengiriman uang. Melalui Western Union di Kantor Pos, Batam Centre, salah satunya.

”Pakai Western Union, dalam tempo satu menit, kiriman uang langsung sampai,” ujar M Syarkawi Marketing Manager PT Pos Indonesia Batam kepada Batam Pos, Selasa (18/11).

Syarkawi mengatakan Western Union merupakan cara cepat untuk mengirim dan menerima uang di seluruh dunia. Di kantor Pos sendiri, Western Union sebenarnya sudah ada cukup lama. ”Sejak 1999, tapi saat itu belum terlalu banyak warga Batam yang memanfaatkan Western Union untuk kirim uang ke luar negeri ataupun sebaliknya,” katanya.

Seiring berjalannya waktu, kini pengguna Western Union semakin banyak. Di 2008 saja, setiap bulannya rata-rata mencapai 2.500 transaksi. Jumlah transaksi ini jauh lebih besar dibanding tahun lalu yang cuma ratusan transaksi per bulannya. ”Untuk mengirim uang ke luar negeri, warga Batam biasanya mengirim uang untuk anaknya yang kuliah di luar negeri. Tapi ada juga mereka yang untuk bisnis travel,” ujarnya.

Western Union juga banyak dimanfaatkan TKI di luar negeri untuk mengirimkan uang kepada keluarganya yang ada di Batam. ”Setiap bulannya ada 1.800 transaksi kiriman uang dari luar negeri, nilainya sekitar Rp14 miliar. Sebagian besar kiriman uang didominasi dari Singapura. Sisanya kiriman uang dari Amerika, Korea, Dubai, dan lainnya,” ujar Syarkawi.

Tingginya animo warga Batam ataupun TKI mengirimkan uang melalui Western Union disebabkan karena selain Western Union prosesnya cepat, juga tidak rumit. ”Pencairannya juga tidak ribet. Si penerima tinggal menyerahkan kode MTCN (Money Transper Control Number) dan identitas pada petugas Western Union saat akan mengambil uang,” ujarnya.

Syarkawi juga menjamin kalau Kode MTCN terjaga kerahasiaannya, hanya si pengirim dan si penerima uang yang tahu. Kelebihan Western Union lainnya adalah biaya pengiriman yang relatif murah. Untuk pengiriman uang sampai Rp750 ribu biaya pengirimannya Rp112 ribu dan untuk pengiriman uang Rp750 ribu sammpai Rp1,5 juta biayanya Rp165 ribu. Sedangkan, pengiriman Rp71.250.000 sampai Rp75 juta, biaya pengirimannya Rp3,1 juta. (ann)