-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 July 2009

Anjal di Banten 11.258 Orang

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/11029-anjal-di-banten-11258-orang-.html


Anjal di Banten 11.258 Orang
Selasa, 28 Juli 2009 00:25
SERANG, BK
Jumlah anak jalanan (anjal) di wilayah Provinsi Banten terus bertambah. Mereka bertebaran di berbagai sudut jalan di ibukota kabupaten dan kota se-Banten, terutama Serang, Cilegon, dan Tangerang. Saat ini jumlah mereka mencapai 11.258 orang.

Mereka mengais rejeki dengan cara mengamen dan mengemis. Untuk itu, saban hari mereka mengadu nasib bersama para pengemis berusia lanjut di persimpangan jalan atau tempat-tempat umum lainnya.

Berdasarkan pantauan Berita Kota, Senin (27/7), anjal yang sudah memasuki usia sekolah bergerombol seraya membawa alat mengamen ala kadarnya di sejumlah persimpangan jalan (lampu merah) di Kota Serang. Kondisi serupa terlihat di ibukota Kota Cilegon. Anak-anak dengan dandanan tidak wajar berseliweran di setiap persimpangan jalan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Yunadi Syahroni mengaku pihaknya kesulitan menangani masalah itu (anjal) karena terkendala dana. Sebab itu, jumlah bukan menurun, tetapi malah terus bertambah. Ia menduga kondisi itu akiba arus urbanisasi dari kota lain.

Disebutkan, jumlah anjal yang tersebar di kabupaten/kota se-Provinsi Banten saat ini mencapai 11.258 orang. Meski sejumlah program digulirkan, namun penurunannya tidak signifikan. "Setiap tahun kami baru bisa membina 40 sampai 60 anak. Namun, kami akan terus berupaya agar jumlah anjal tahun ini bisa turun sampai 20%," kata Yunadi.

Ihwal maraknya anjal, menurut Yunadi akibat kurangnya perhatian orangtua. Namun, kondisi ekonomi menjadi faktor paling dominan, sehingga anak turun ke jalan mencari uang dengan cara mengamen atau mengemis. "Usia mereka rata-rata 3,5 - 15 tahun," kata Yunadi. O dam