-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 July 2009

Disnaker Tindak Perusahaan Penyedia Naker ‘Outsourcing’

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/10891-disnaker-tindak-perusahaan-penyedia-naker-outsourcing.html


Disnaker Tindak Perusahaan Penyedia Naker 'Outsourcing'
Senin, 27 Juli 2009 17:52
BEKASI, BK
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi telah menertibkan dan menindak perusahaan dan koperasi pengelola tenaga kerja outsourcing yang melanggar ketentuan. Lantaran tindakan itu dirasa belum tuntas, tenaga kerja (naker) outrsourcing yang merasa dirugikan diminta melapor.

Menurut Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi Asmat A Rahmat kepada Berita Kota pekan lalu, tindakan diberikan kepada perusahaan dan koperasi pengelola tenaga kerja outsourching apabila terbukti kebijakannya tak sesuai ketentuan. Sebab, katanya, ada beberapa jenis pekerjaan yang dilarang untuk menggunakan tenaga kerja outsourcing, namun ketentuan itu dilanggar.

"Meski sudah banyak yang ditertibkan, namun tindakan itu terus dilakukan agar pada masa mendatang tidak ada pelanggaran oleh penyedia tenaga kerja outsourcing," jelasnya.

Walau tidak menyebut jumlah perusahaan dan koperasi yang ditertibkan, namun Asmat menegaskan pengawasan yang dilakukan sudah maksimal. Kalau masih ada pelanggaran, lanjut dia, saat itulah perlu adanya informasi dari para karyawan yang merasa dirugikan. Sebab, dalihnya, Disnaker tidak bisa mengetahui sepak terjang semua perusahaan penyedia tenaga kerja outrsourcing.

"Apalagi, umumnya para pekerja tak mempermasalahkan, meski mengetahui terjadi pelanggaran. Kesannya, yang penting mereka sudah bekerja, sehingga masa bodoh dengan statusnya. Kami berharap adanya informasi atau laporan dari pekerja yang merasa dirugikan, agar kami bisa bertindak sesuai aturan," tegasnya.

Disebutkan, di Kabupaten Bekasi terdapat 150 perusahaan penyedia tenaga kerja outrsourcing yang dipekerjakan di sejumlah perusahaan. Namun, ujar Asmat, Disnaker kesulitan mendapatkan data otentik jika terjadi pelanggaran karena tidak ada yang melapor. O hem