-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 July 2009

Pedagang Desak Walikota Percepat Revitalisasi Pasar

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/10739-pedagang-desak-walikota-percepat-revitalisasi-pasar.html

Pedagang Desak Walikota Percepat Revitalisasi Pasar
Sabtu, 25 Juli 2009 06:01
BEKASI, BK
Ratusan pedagang di Pasar Baru, Kota Bekasi, mengeluhkan turunnya omset penjualan atau pendapatan sejak mereka berjualan di tempat penampungan sementara (TPS). Sebab itu, mereka mendesak Walikota Bekasi Mochtar Mohamad agar mempercepat pembangunan pasar.

Para pedagang juga mengeluhkan kurang nyamannya berjualan di TPS. Selain lokasinya panas, juga karena banyak pencopet, sehingga masyarakat segan berbelanja di tempat tersebut.

Desakan percepatan pembangunan Pasar Baru yang sudah dibongkar itu diungkapkan sejumlah pedagang kepada Berita Kota saat datang di Kantor Pemkot Bekasi, Jumat (24/7). Menurut mereka, sejak dua bulan berjualan di TPS, penghasilannya merosot. "Kami tidak antipembangunan, namun hanya berharap pengembang mempercepat pembangunan pasar. Sebab, kondisi penampungan merugikan kami," kata Muhamad Wanda, pedagang sembako di Blok 2 Pasar Baru.

Diakui, meski ada pedagang yang menggugat revitalisasi, namun sekitar 600 pedagang sangat setuju pembangunan kembali Pasar Baru, karena berharap akan makin membawa keberuntungan. "Namun, kalau pembangunannya terlalu lama, kami yang merugi," katanya.

Keluhan sama diungkap Sekreatris Rukun Warga Pasar (RWP) Agustaman. Menurut dia, para pedagang ingin menyampaikan secara langsung desakan percepatan pembangunan pasar ke Walikota Bekasi. "Karena dua bulan ini pendapatan kami merosot. Lokasi TPS sangat sempit dan panas, sehingga pembeli malas datang," tandasnya.

Sementara Umi, pedagang pakaian menambahkan, ihwal harga kios tidak ada masalah lagi karena sudah ada kesepatakan, yaitu Rp14 juta per meter untuk huk (pojok) dan Rp13 juta per meter di lokasi biasa. "Namun, kami mendesak pembangunannya dipercepat," tegasnya. O hem