-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 July 2009

PKL Liar Subur Binaan Kalah Bersaing

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/11077-pkl-liar-subur-binaan-kalah-bersaing-.html


PKL Liar Subur Binaan Kalah Bersaing
Kamis, 30 Juli 2009 01:05
JAKARTA, BK
Ribuan pedagang kakilima (PKL) yang tersebar di beberapa lokasi sementara di wilayah Jakarta Timur hidup segan mati tak mau. Mereka terancam gulung tikar lantaran kalah bersaing dengan PKL liar yang kian menjamur.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Nugraha K Yasin dalam sambutannya pada kegiatan pembinaan PKL di Gedung Pewayangan Kautaman Taman Mini Indonesa (TMII), Jakarta Timur, Rabu (29/7). Nugraha menuturkan, saat ini jumlah PKL di lokasi sementara tempat usaha PKL yang dinamai JT, mencapai 2.864 pedagang. Namun para PKL binaan selalu kalah bersaing dengan PKL liar. Mereka bahkan tidak mampu mengembangkan usaha.

"Selama enam bulan menjabat Wakil Walikota, saya perhatikan PKL binaan selalu kalah bersaing dari PKL liar. Padahal seharusnya PKL binaan dijaga dan dilindungi karena mereka secara resmi terdaftar," ujarnya.

Nugraha menegaskan, pihaknya akan terus menggelar penertiban terhadap para PKL liar. Sedangkan PKL yang terdaftar akan tetap dibina supaya mampu mengembangkan usahanya menjadi kelompok usaha kecil yang tangguh. "Saya mengharapkan PKL binaan tidak menggantungkan usaha hanya di lokasi binaan. Mereka bisa berkembang masuk ke dalam pasar atau membeli kios," harapnya.

Nugraha menegaskan, pembinaan PKL sementara sesuai dengan SK Gubernur Nomor 80/2009. Pembinaan harus dilakukan secara berkesinambungan untuk mewujudkan perubahan perilaku berusaha. Mereka juga harus menjaga kebersihan, ketertiban, dan keindahan lingkungan (K3L).

Kasudin Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Sri Indrastuti mengungkapkan, kegiatan pembinaan PKL diikuti 110 pedagang, terdiri atas para koordinator dan pedagang dari 71 JT yang tersebar di 10 kecamatan.

"Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan sinkronisasi antara kebijakan Pemkot Jaktim dengan PKL di lokasi sementara," ujarnya. O lia