-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 July 2009

PKL Lorong 104 Tolak Relokasi

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/11169-pkl-lorong-104-tolak-relokasi.html

PKL Lorong 104 Tolak Relokasi
Jum'at, 31 Juli 2009 02:09
JAKARTA, BK
Pedagang kakilima (PKL) Lorong 104 Tanjungpriok, Jakarta Utara menolak direlokasi. Masalahnya pemindahan yang kian santer belum pernah disosialisasikan Sudin Usaha Koperasi Menengah dan Perdagangan (UKMP). Pedagang meminta Sudin UKMP menyediakan tempat penampungan di lokasi strategis.

Sekretaris Bidang Umum Sentra Usaha Kecil Permai Jakarta Utara Betrizal, Kamis (30/7) mengatakan, penolakan pedagang cukup beralasan. Masalahnya hingga kini Sudin UKMP selaku pembina pedagang belum memberikan surat pemberitahuan, apalagi sosialisasi dan kesepakatan.

"Kami sudah dengar rencana itu, tapi belum ada surat tertulis dari Sudin UKM. Kami meminta instansi terkati melakukan sosialisasi dan membicarakan segala sesuatu. Jika tidak, pedagang menolak direlokasi," tukasnya.

Dia mengutarakan, selama ini pedagang setempat menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) cukup besar, sekitar Rp36 juta/tiga bulan. "Kami telah melayangkan surat untuk audensi pada hari ini kepada Walikota. Di antaranya membicarakan bahwa pedagang belum pernah dipanggil Sudin UKM untuk menggelar sosialisasi. Sementara pemberitaan media cukup santer. Dalam surat kami meminta penjelasan Walikota terkait keresahan yang timbul," jelasnya. Pedagang Lorong 104 sekitar 554 orang. Mereka menempati lokasi itu berdasarkan SK Walikota No 13/2003 dan SK Walikota No 109/2005. O dra