-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 July 2009

Sopir Protes Bus Karyawan

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/11086-sopir-protes-bus-karyawan.html


Sopir Protes Bus Karyawan
Kamis, 30 Juli 2009 01:16
BOGOR, BK
Puluhan sopir angkutan kota (angkot) trayek 08 jurusan Citeureup - Pasar Anyar, Bogor, mendedsak Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor menertibkan bus karyawan yang mengangkut penumpang umum di jalur mereka. Alasannya, akibat beroperasinya bus karyawan yang terus bertambah pendapatan mereka menurun.

Desakan itu disampaikan saat para sopir angkot trayek menggelar unjuk rasa di depan Kantor DLLAJ Kabupaten Bogor, Jl Raya Bogor-Jakarta KM-50, Kecamatan Sukaraja, Bogor, Rabu (29/7) pagi. Para sopir angkot berkumpul sejak pukul 06.30 lalu datang secara berkelompok lalu memarkir kendaraan di halaman kantor instansi tersebut. Mereka membubarkan diri pukul 08.00 setelah perwakilan sopir mengikuti pertemuan tertutup dengan petugas DLLAJ.

Menurut Ayat (45), salah seorang sopir, bus karyawan yang beroperasi di jalur angkot trayak 08 terang-terangan mengangkut penumpang di beberapa halte di kawasan Cibinong. Jika masalah itu dibiarkan, kata dia, bukan tidak mungkin jumlah armada bus karyawan yang mengangkut penumpang umum akan bertambah. "Itu tentu merugikan kami, karena pendapatan kami pasti berkurang," jelas Ayat seraya menambahkan bus karyawan harusnya hanya mengangkut karyawan perusahaan di Simpang Kandang Roda dan Darmais.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Operasional DLLAJ Kabupaten Bogor Panji K berjanji akan bekerjasama dengan aparat kepolisian untuk menertibkan bus-bus karyawan yang mengankut penumpang umum. "Kami tidak punya kewenangan menangkap bus karyawan, tetapi nanti kami akan koordinasikan dengan aparat kepolisian," kata Panji.

Diakui, penertiban bus-bus karyawan sudah pernah dilakukan, namun tidak berjalan efektif. Aparat kepolisan bahkan menilang dan mengandangkan 11 unit bus karyawan yang belum memenuhi ketentuan administratif angkutan karyawan. O sid