-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 August 2009

Bayi Penderita Gizi Buruk Akhirnya Meninggal

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/08/30/bayi-penderita-gizi-buruk-akhirnya-meninggal

Bayi Penderita Gizi Buruk Akhirnya Meninggal

Agustus 30, 2009 - 19:04
Kategori Berita Terkini, Daerah

MEDAN (Pos Kota) - Setelah dirawat intensif selama dua pekan lebih, Reza Aster,1, penderita gizi buruk akhirnya menghembuskan nafas terakhir di RSUD Tanjungbalai,Sabtu (29/8) malam.

Menurut Humas RSUD Tanjungbalai Cosmas Siagian, kepada wartawan, Minggu (30/8), Reza meninggal dunia di hadapan dokter, paramedis dan keluarganya. "Kami telah berusaha semaksimal mungkin menyelamatkan dia," kata Cosmas Siagian.

Dikatakan Siagian, bahwa Reza Aster dirawat di rumah sakit sejak 14 Agustus lalu, dengan berat badan hanya 5,3 kg. Selain tubuhnya yang sangat kurus, wajah anak pasangan Rinaldi dan Milawati, warga Desa Sijawi-jawi, Kabupaten Asahan, ini cekung dan pucat serta rambut kemerah-merahan. "Bocah itu mengidap gizi buruk dengan komplikasi diare," jelas Siagian.

Sementara ayah kandung korban, Rinaldi, menyebutkan anaknya lahir dalam keadaan normal dengan berat badan 4,1 kg. Dan memasuki usia 6 bulan, Reza menderita diare disertai demam. Untuk meredam sakit, Rinaldi mengaku hanya mampu membelikan obat di toko atau warung.

Dia tahu jika anaknya menderita gizi buruk setelah memeriksakan ke salah satu dokter di Kota Tanjungbalai. Saat itu badan Reza kurus kering, perut membuncit dan reaksinya lamban, sehingga disarankan dirujuk ke RSUD Tanjungbalai.

Akan tetapi, akibat ketiadaan biaya, sang ayah enggan membawa anaknya berobat ke rumah sakit. " Makan sehari-hari saja susah, apalagi biaya perobatan dan perawatan di rumah sakit," kata Rinaldi.

Puncaknya, kondisi Reza semakin kritis dan melemah, sehingga dengan bantuan rekan-rekannya, Rinaldi membawa anaknya berobat dan dirawat di RSUD Tanjungbalai. (samosir/dms)