-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 August 2009

Satpol PP Depok Razia Gepeng dan Anjal

http://news.okezone.com/read/2009/08/29/1/252535/satpol-pp-depok-razia-gepeng-dan-anjal

Satpol PP Depok Razia Gepeng dan Anjal

Sabtu, 29 Agustus 2009 - 15:15 wib
 
Marieska Harya Virdhani - Okezone

DEPOK - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok menggelar razia penyakit masyarakat dan penyandang masalah sosial di sejumlah titik, diantaranya sepanjang Jalan Raya Margonda, Jalan Dewi Sartika, serta Jalan Raya Bogor. Dalam menyisir setiap jalan, sejumlah anak jalanan yang tengah mangkal di pinggir jalan sedang mengemis langsung menjadi santapan lezat Satpol PP.

Bahkan, personil Satpol PP mengejar salah satu anak jalanan berusia sekira 6 tahun yang tengah mengemis di perempatan Jalan Raya Juanda dan Margonda hingga sepanjang 2 kilometer hingga sampai ke gubuk liar mereka dimana ayah dan adik anak tersebut juga ikut terjaring.

Kepala Dinas Satpol PP Kota Depok Sariyo Sabani mengatakan, gelandangan dan pengemis serta anak jalanan selalu menjadi masalah bagi setiap kota di Indonesia, khususnya Jabodetabek.
Bahkan jumlahnya selalu melonjak pada bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

"Bahkan ada kampungnya, kampung pengemis, dan diduga kuat ada sindikatnya yang sengaja mendrop mereka pakai truk," ujarnya.

Sariyo menambahkan, sindikat anak jalanan tersebut, cenderung mengeksploitasi anak?anak di bawah umur dan memperdagangkan mereka. "Karena itu setiap ada anak jalanan terpantau mata kita, langsung kita kejar kemanapun, takut kehilangan jejak," tegasnya.

Anak jalanan yang terjaring tersebut selanjutnya diserahkan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota untuk dikirim ke Panti Sosial milik Departemen Sosial di Pasar Rebo Jakarta. (ahm)