-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 August 2009

Uang Lebaran Kiriman TKI

http://www.beritakota.co.id/berita/ekonomi-a-bisnis/13503-uang-lebaran-kiriman-tki-.html

Uang Lebaran Kiriman TKI
Sabtu, 29 Agustus 2009 03:38
HINGGA saat ini, Depnakertrans mengaku belum bisa menghitung jumlah uang yang dikirimkan TKI dari luar negeri untuk kebutuhan Lebaran keluarganya di kampung halaman masing-masing. Kalau pun muncul hitungan angka rupiah, itu hanya dari hitung-hitungan kasar berdasarkan perkiraan jumlah TKI yang ada di luar negeri.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinan dan Penempatan Tenaga Kerja (Sesditjen Binapenta) Depnakertrans Abdul Malik Harahap kepada Berita Kota Jumat (28/8), mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum bisa menaksir berapa jumlah uang yang masuk dari para TKI yang dikirim ke kampungnya, yang biasanya dikirim melalui Bank BRI, BNI. Apalagi, biasanya para TKI mengirimkan uang satu minggu menjelang Lebaran. "Itu kebiasaan yang sudah lama dilakukan para TKI, khususnya yang bekerja di sektor informal atau pembantu rumah tangga (PRT)," jelas Malik.

Menurutnya, mengenai berapa uang TKI yang masuk ke Indonesia, sampai saat ini pihaknya belum berani merilisnya. Ia pun tak berani mengeluarkan angka perkiraan. "Tunggulah. Rencananya kami akan mengeluarkan pernyataan resmi tentang masalah ini seminggu menjelang Lebaran," tegasnya. O did