-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

16 September 2009

40 Rumah Di Sunggal Hangus Terbakar

http://beritasore.com/2009/09/14/40-rumah-di-sunggal-hangus-terbakar/

40 Rumah Di Sunggal Hangus Terbakar

Sen, Sep 14, 2009

Medan

MEDAN (Berita): Sedikitnya 40 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal menyusul kebakaran yang menghanguskan rumah di Lingkungan 21 dan 22, Kelurahan Siskambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Senin [14/09] sekira pukul 01.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, api baru dapat dipadamkan sekira pukul 03.00 WIB.

Informasi yang diperoleh di lapangan menyebutkan, api berasal dari salah satu rumah semi permanen di lingkungan 21. Karena kondisi rumah di kawasan tersebut berdempetan ditambah angin kencang, api terus menjalar ke rumah warga lainnya.

Sebagian warga yang berada di lingkungan tersebut langsung membangunkan warga lainnya dan berusaha menyelamatkan barang-barang miliknya dari dalam rumah dan sebahagian berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya hingga tidak menjalar ke rumah-rumah warga lainnya.

Delapan unit mobil dinas pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi, tak dapat berbuat banyak untuk menjinakan si jago merah. Api baru dapat dipadamkan sekitar tiga jam kemudian.

Menurut Anugerah Sihombing, warga sekitar mengaku, malam itu dirinya sedang duduk-duduk di teras rumahnya. Tiba-tiba, ia melihat api membumbung dari rumah di lingkungan 21 dan suara jeritan kebakaran. Dengan sigap, ia langsung membangunkan keluarganya yang sedang tertidur.

"Begitu aku melihat kobaran api, aku langsung membangunkan istri dan anakku yang sedang tertidur untuk meninggalkan rumah sembari menyelamatkan barang-barang," ujarnya yang mengaku rumahnya selamat dari peristiwa tersebut.

Semantara itu Kepala Lingkungan 21, Makmur Hutabarat yang ditemui Berita di lokasi kejadian mengaku, dari pendataan awal, ada sekitar 20 kepala keluarga di lingkungannya yang terkena musibah kebakaran tersebut. "Dari pendataan awal, ada 20 rumah yang terbakar. Namun, kita masih melakukan pendataan lagi," ujar Makmur di lokasi kejadian. Menurutnya, untuk sementara waktu, pihaknya akan mendirikan tenda untuk menampung warga yang rumahnya terbakar. "Kita akan mendirikan tenda bagi warga yang rumahnya terbakar," ungkapnya.

Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Sunggal, AKP Faisal Napitupulu SiK yang terjun ke lokasi mengatakan, untuk sementara, pihaknya masih menyelidikan penyebab terjadinya kebakaran yang menghanguskan sedikitnya 40 rumah.

"Masih kita selidiki penyebab terjadinya kebakaran," ujarnya singkat. Pantauan Berita di lokasi kebakaran hingga pukul 05.00 WIB, warga yang rumahnya terbakar hanya mampu memandangi kediamannya yang sudah rata dengan tanah, sembari isak tangis terus membahana.

Sementara itu, personil Polsekta Sunggal yang diterjunkan terus melakukan penyelidikan dengan memberikan garis polisi (Police Line) di 40 rumah yang terbakar. (mail)