-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

01 September 2009

71 Gepeng Ditangkapi di Jaktim

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/09/01/71-gepeng-ditangkapi-di-jaktim

71 Gepeng Ditangkapi di Jaktim

September 1, 2009 - 11:07
Kategori Berita Terkini, Jaktim

CAKUNG (Pos Kota) - Penertiban gepeng atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayah Jakart Timur gencar dilakukan Satpol PP setempat. Sedikitnya sudah 218 PMKS terjaring, belum termasuk pelacur, pedagang Kaki-5 hingga pengedar kota amal dan pengamen yang jumlahnya mencapai 58 orang.

Kasi Ops Penertiban Satpol PP Jakarta Timur ,Lantip mengatakan operasi tersebut dilakukan  dalam rangka  menjaga kekhusukan bulan suci Ramadhan.  Selain itu, upaya penertiban itu untuk menekan dan mengantisipasi munculnya  PMKS di Jakarta.

Hingga hari kelima operasi penertiban, kata Lantip, pihaknya berhasil  mengamankan sebanyak 147 PMKS, lantas hasil penertiban pada Selasa (1/9) menertibkan sebanyak 71 PMKS sehingga total keseluruhan  PMKS ada sebanyak 218 orang.

"Ini semua sudah kita kumpulkan dan mereka langsung kita bawa ke Panti Sosial Cipayung. Masalahnya, mereka ini hanya akan menambah  persoalan  di Jakarta," tukas Lantip.

Dikatakan Lantip,  PMKS diamankan anggota Satpol PP dari  pertigaan dan perempatan lampu merah di seluruh  wilayah Jaktim,  seperti di Kawasan Jatinegara, depan stasiun Jatinegara di Jalan Bekasi  Timur,  Buaran di JaLan. I Gusti Ngurah rai,   Pasar Rebo hingga Cipayung.

"Kalau pengedar  kotak amal dan  pengamen ,ya kita amankan sepanjang jalan. Karena kebanyakan dari mereka mengamen  di pinggir jalan, begitu juga pengedar kotak amal. Termasuk   pengidap psikotik," tambah Lantip. (Dieni/B)