-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 September 2009

Dijaga Satpol PP PKL Tutup Lapak

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/15315-dijaga-satpol-pp-pkl-tutup-lapak.html

Dijaga Satpol PP PKL Tutup Lapak
Jum'at, 25 September 2009 02:24
JAKARTA, BK
Penjagaan ketat oleh sejumlah petugas Satpol PP membuat nyali para pedagang kakilima (PKL) yang biasanya menggelar dagangan di depan pintu masuk Pasar Regional Jatinegara dan Pasar Grosir Jatinegara (PGJ), Jakarta Timur menjadi ciut. Mereka akhirnya urung jualan lantaran khawatir dagangannya diobrak-abrik.

"Hari ini lebih baik tak dagang dulu. Daripada barang-barang saya diangkut petugas Satpol PP yang sejak pagi berjaga-jaga di depan pasar," kata Rojali, pedagang minuman yang biasa mangkal di depan Pasar Regional Jatinegara, Kamis (24/9).

Rojali menuturkan, biasanya sejak pagi puluhan pedagang sudah menggelar lapak di sepanjang pintu masuk pasar. Badan jalan di depan PGJ juga penuh hingga ke jembatan penyeberangan. Namun, kemarin nyali mereka ciut lantaran lokasi dijaga aparat.

Sejumlah PKL mengaku sudah berjualan sejak Selasa (22/9) lalu atau dua hari setelah Lebaran, karena pembeli mulai ramai. Saat itu memang tak satu petugas pun berjaga-jaga.
 
"Saya sebenarnya sudah kembali berdagang sejak Selasa lalu, karena keluarga butuh makan. Tapi hari ini tidak berani buka lapak, di sana ada petugas melakukan penjagaan. Mau bilang apa, lebih baik tutup dulu," papar pedagang pakaian bernama Nirwan.

Camat Jatinegara Andri Yansyah mengaku sejak pukul 06.00 sudah nongkrong di lokasi bersama Satpol PP. "Kami memang berjaga-jaga agar lokasi ini tidak lagi dimanfaatkan pedagang," kata Andri.

Kalau ada pedagang yang nekat, tandas Andri, pihaknya tidak segan-segan melakukan penertiban. Di depan pintu masuk Pasar Jatinegara memang dilarang berjualan lantaran memicu kemacetan. O lia