-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

09 September 2009

Luapan Lumpur Lapindo dalam Cerita Komik

http://www.beritakota.co.id/berita/nasional/14426-luapan-lumpur-lapindo-dalam-cerita-komik.html

Luapan Lumpur Lapindo dalam Cerita Komik
Rabu, 09 September 2009 03:03
JAKARTA,BK
Cerita tentang luapan lumpur Lapindo plus penderitaan warga yang menjadi korban kini terekam dalam sebuah komik. Lembaga Advokasi Korban Lapindo (Lapkorlap) meluncurkan buku cerita komik dokumenter berjudul "Lapindo Dalam Komik". Komik ini berisi tentang awal mula terjadinya musibah semburan lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur itu hingga penderitaan warga yang menjadi korban.

"Komik ini untuk mengingatkan masyarakat tentang musibah lumpur Lapindo yang telah menyengsarakan rakyat," kata Direktur Eksekutif Lakorlap M Mufti Mubarok dalam acara peluncuran "Lapindo Dalam Komik" di Jakarta, Selasa (8/9).

Mubarok yang juga penulis cerita "Lapindo Dalam Komik" menambahkan, buku komik itu diterbitkan juga sebagai reaksi atas upaya hukum yang dilakukan berbagai pihak termasuk Lakorlap untuk menyelesaikan ganti rugi yang dituntut warga korban Lapindo, namun tidak membuahkan hasil..

"Akhirnya ditempuh cara lain dengan membuat komik ini," ujarnya.

Di tempat yang sama, anggota Komnas HAM Kabul Supriyadhie mengatakan, Komnas HAM sudah melakukan investigasi terhadap kasus lumpur Lapindo. Pihaknya sudah membuat laporan mengenai musibah itu yang telah diserahkan kepada pemerintah.

Menurut dia, ada 15 pelanggaran HAM dalam musibah itu namun tidak merinci pelanggaran yang dimaksud.

"Rencananya awal Oktober 2009, Komnas HAM akan menerjun tim untuk melakukan investigasi kembali," paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Pemuda Muhamadiyah Izzul Muslimin berharap ada 'political will' dari pemerintah untuk menuntaskan kasus luapan lumpur Lapindo.

"Jangan sampai Presidennya sudah berganti, kasus luapan lumpur Lapindo belum tuntas juga," ujarnya. O rap