-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

11 September 2009

Manusia Gerobak Terus Diawasi

http://www.beritakota.co.id/berita/kota.html?start=14

Manusia Gerobak Terus Diawasi
Kamis, 10 September 2009 03:33
JAKARTA, BK
Kegiatan sahur bersama atau sahur on the road yang kian marak digelar berbagai lapisan masyarakat dimanfaatkan para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) mendulang rezeki. Mereka menyerbu acara buka sahur karena pelaksana membagikan makanan. Momen inilah yang dimanfaatkan PMKS dan manusia gerobak mendapatkan jatah.

Kondisi itu ternyata berdampak buruk terhadap keamanan, ketertiban, dan keindahan kota DKI Jakarta. Sebab saat sahur bersama digelar, ratusan manusia gerobak dari berbagai belahan Ibukota menyerbu ke lokasi.

Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Sudin Sosial Jakpus Andi Muchdar mengatakan, kegiatan seperti ini dianggap manusia gerobak sebagai ajang bagi-bagi rezeki. Mereka pun berbondong-bondong datang untuk mendapatkannya. "Yang memburu rezeki itu tak hanya PMKS dari Jakarta, tapi juga manusia gerobak. Makin membengkaknya jumlah manusia gerobak membuat permasalahan pemprov semakin berat," katanya.

Guna meminimalisir manusia gerobak, Andi menegaskan, pihaknya melakukan pengawasan sejak beberapa hari lalu. Namun belum membuahkan hasil, mengingat pada siang hari mereka tidak terlihat dan baru bergerak menjelang sahur.

Sejumlah titik yang biasa menjadi tempat operasi kaum miskin itu memburu rezeki, kata Andi, antara lain Jl Ateri Palmerah hingga Manggarai, Jl Pramuka, Jl A Yani, Jl Gunungsahari, Jl Bunyamin Sueb, Jl Cempakaputih, dan sebagainya.

"Sejauh ini belum ada manusia gerobak yang tertangkap. Namun penangkapan PMKS terus dilakukan. Sepanjang Ramadan jumlahnya mencapai ribuan orang," ungkapnya. O amh