-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 September 2009

Mercon Hanguskan 30 Rumah

http://www.beritakota.co.id/berita/berita-utama/15490-mercon-hanguskan-30-rumah-.html

Mercon Hanguskan 30 Rumah
Minggu, 27 September 2009 03:36
JAKARTA, BK
Pembakaran petasan alias mercon yang dilakukan anak-anak, di lingkungan RW 04, Kelurahan Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur, akhirnya membawa petaka. Percikan api dari petasan tersebut, menyebabkan 30 hunian warga hangus. Musibah kebakaran yang terjadi pada Jumat (25/9) sekitar pukul 22.00, itupun memaksa 275 jiwa tinggal di tenda-tenda darurat.

BK/AGUNG NATANAEL
HABIS TERBAKAR: Puluhan rumah terlihat habis terbakar di RT 015/04 No.9 Kel. Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (26/9). Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban.
 
"Kebakaran diduga akibat petasan yang dinyalakan sejumlah anak-anak saat sedang bermain di dalam salah satu rumah warga. Percikan api petasan langsung mengenai selang tabung gas yang menyebabkan kebocoran. Akhirnya, tabung gas meledak dan api langsung berkobar hebat," kata Aji, salah seorang warga tanpa menyebut asal api berasal dari rumah siapa.

Saat mengetahui percikan api petasan mengenai selang tabung, tambah Aji, anak-anak langsung ke luar rumah lantaran khawatir tabung gas meledak. Benar saja, tak lama kemudian, terdengar suara ledakan dari tabung gas dan api langsung berkobar hebat dan menyambar seluruh isi dapur rumah tersebut. Beruntung tidak ada yang menjadi korban.

Saat mendengar suara ledakan dan dapur rumah warga tersebut terbakar, warga lainnya langsung berhamburan ke luar rumah untuk berusaha memadamkan api. Namun, api sulit dipadamkan lantaran dapur rumah tersebut terbuat dari triplek. Akibatnya api kain berkobar hebar dan melumat rumah warga. "Api kian membesar dan melumat rumah lainnya. Sementara warga lainnya panik dan berusaha menyelamatkan harta benda mereka," kata Aji. 

Saat itu tambah Aji, suasana kian panik lantaran api terus membesar dan melumat beberapa hunian warga. Sejumlah ibu dan anak-anak berteriak histeris. Sementara para lelaki berusaha menyiram kobaran api dengan peralatan seadanya. "Namun upaya itu sia-sia. Api kian membesar dan puluhan rumah warga hangus," kata Aji.

Selang beberapa jam kemudian, 25 unit mobil Pemadam Kebakaran dari Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar & PB) Jakarta Timur tiba di lokasi. Petugas langsung memadamkan api. Api akhirnya bisa dipadamkan. Namun 30 rumah sudah ludes dilahap si Jago Merah.

Sementara untuk menampung korban kebarakan yang kehilangan tempat tinggal, Sudin Sosial dan PMI Pemkot Jaktim mendirikan dua unit tenda, selimut, obat-obatan, dan makanan.

Kasudin Sosial Jaktim Anshary Atjo mengatakan, seluruh korban kebaraan ditampung di dua unit tenda yang berdekatan dengan lokasi kebakaran. Para korban juga sudah diberi bantuan berupa selimut untuk melindungi warga dari hawa dingin malam hari.

"Kami sudah mengirimkan makanan sebanyak 300 kotak untuk korban kebakaran dan mendirikan posko kesehatan," ujar Atjo seraya menambahkan, pihaknya bersama PMI akan bahu membahu membantu para korban. "Makanan akan dikirimkan Sudin Sosial pagi. Sedang PMI akan memberikan makanan siang dan malam hari. Kita akan terus kirimkan bantuan selama dibutuhkan, yang penting warga tidak terlantar," tambah Atjo. O lia