-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

09 September 2009

Pemkot Bersihkan Gepeng

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/14264-pemkot-bersihkan-gepeng.html

Pemkot Bersihkan Gepeng
Senin, 07 September 2009 00:00
BEKASI, BK
Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bertekad membersihkan gelandangan dan pengemis (gepeng) di wilayahnya saat lebaran tiba. Untuk itu, Pemkot akan memulangkan para gepeng yang terjaring operasi ke kampung halaman masing-masing.

Tekad itu diungkap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi Dedi Djuanda kepada Berita Kota, Minggu (6/9) siang. Menurut dia, para gepeng yang berada di Kota Bekasi berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat, seperti Indramayu, Subang, dan Purwakarta. Dalam waktu dekat ini, kata dia, pihaknya akan merazia mereka.

Mereka yang terjaring razia segera dinaikkan ke bus yang akan mengangkut mereka pulang kampung. Untuk itu, mereka diminta berjanji tidak kembali menjadi gepeng di Kota Bekasi. "Mereka beroperasi di persimpangan jalan, lampu merah, pusat perbelanjaan, dan tempat umum lain. Kehadiran mereka mengganggu kelancaran lalu lintas dan mengurangi keindahan kota," terang dia.

Setelah Pemprov DKI Jakarta mengawasi lebih ketat kehadiran gepeng, ujar Dedi, Kota Bekasi menjadi salah satu daerah alternatif yang mereka datangi. "Apalagi, pada bulan Ramadhan ini mereka seperti berlomba-lomba mencari warga yang memberi sedekah," kata Dedi seraya mengatakan, belum ada aturan hukum yang melarang masyarakat memberi sedekah kepada gepeng, meski kehadiran mereka dirasa sangat mengganggu.

Dedi mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Pekan ini, lanjut dia, razia digelar di sejumlah ruas jalan. Mereka yang terjaring diminta membuat pernyataan tidak kembali mengemis di Kota Bekasi lalu diangkut menggunakan bus ke daerah asalnya.

"Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) asal gepeng. Dengan koordinasi itu kami harapkan mereka tidak kembali lagi ke Kota Bekasi," katanya. O hem