-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

01 September 2009

Penertiban Gencar, Penghuni Panti ‘Over Dosis’

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/13695-penertiban-gencar-penghuni-panti-over-dosis.html

Penertiban Gencar, Penghuni Panti 'Over Dosis'
Selasa, 01 September 2009 02:50
JAKARTA, BK
Gencarnya penertiban Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) selama Ramadan mengakibatkan membludaknya penghuni Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya I, Kelurahan Kedoya Selatan, Jakarta Barat. Selama 10 hari petugas gencar melakukan razia, kini jumlah penghuni panti tersebut mencapai 400 orang lebih dari 300 penghuni sebelumnya. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring gencarnya penertiban PMKS yang digelar di lima wilayah ibukota.

Berdasarkan pengalaman bulan Ramaddan tahun sebelumnya, panti sosial yang berlokasi di Jl Kembangan Raya ini pernah menampung 900 PMKS. "Memang ada lonjakan jumlah penghuni di Panti Sosial ini sejak awal bulan Ramadan. Pada tahun lalu, jumlah penghuni selama Ramadan mencapai 900 orang. Saya harap tahun ini tidak sebanyak itu," ungkap Kepala Seksi Perawatan Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya I, Aseli Husen.

Meningkatnya jumlah PMKS yang masuk ke panti tersebut, kata Husen, karena setiap hari pihaknya menerima 30 penghuni baru hasil razia dari berbagai wilayah di Ibukota. Selanjutnya para PMKS tersebut didistribusikan ke sejumlah panti sosial lainnya setelah dilakukan pendataan selama lima hingga enam hari.

"Jadi selama penampungan tersebut terjadi over kapasitas. Sebab, daya tampung panti sosial hanya 300 orang yang terbagi di 18 ruangan. Karena jumlahnya cukup banyak para penghuni terpaksa berdesak-desakan di dalam ruangan," imbuhnya. O oan