-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 September 2009

PKL Akan Ditertibkan

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/15262-pkl-akan-ditertibkan.html

PKL Akan Ditertibkan
Kamis, 24 September 2009 05:36
JAKARTA, BK
Pemkot Jakarta Selatan akan mengembalikan fungsi prasarana umum yang belakangan dimanfaatkan pedagang kakilima (PKL) liar. Seperti sejumlah ruas jalan dan trotoar di kawasan Pasar Kebayoranlama, Pasarminggu, dan Pasar Pondoklabu.

"Saya sudah minta seluruh lurah menata dan menertibkan seluruh lapak pedagang di sekitar Pasar Kebayoranlama dan Pasar Minggu. Guna menertibkan PKL itu, 300 petugas Satpol PP dikerahkan agar PKL tidak kembali lagi ke tempat semula," tegas Walikota Syahrul Effendi didampingi Wakil Walikota Anas Effendi usai menggelar inspeksi mendadak ke Pasar Kebayoranlama, Selasa (22/9).
Menurut Syahrul, keberadaan lapak dan gerobak PKL di kedua pasar itu sangat mengganggu ketertiban maupun kelancaran lalu lintas. "Kami sudah peringatkan sejak awal Ramadan agar hengkang setelah Lebaran. Kami rasa PKL sudah diberikan toleransi yang cukup," ujar Syahrul.

Namun tidak mudah bagi Syahrul menertibkan mereka, lantaran selama ini belum tersedia tempat penampungan bagi pedagang. "Tempat penampungan bagi pedagang Pasar Minggu berlokasi di Jl Pasar Buntu Ujung, dekat areal pasar lama. Namun pedagang enggan memanfaatkannya. Alasannya tidak strategis dan dagangan mereka tidak laku dijual. Sementara pedagang Pasar Kebayoranlama dan Pondoklabu, lokasi penampungannya masih dipikirkan. Namun kami tetap melarang mereka berjualan di trotoar di bawah jembatan layang dan pinggir jalan," ujar Syahrul. O brn