-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 September 2009

Ratusan Bangunan Liar di Kali Adem Digusur Awal Oktober

http://www.tempointeraktif.com/hg/layanan_publik/2009/09/24/brk,20090924-199249,id.html

Ratusan Bangunan Liar di Kali Adem Digusur Awal Oktober

Kamis, 24 September 2009 | 17:03 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pemerintah berencana menggusur sekitar 700 bangunan liar yang berdiri di sekitar muara Kali Adem, Pluit, Jakarta Utara.

"Itu merupakan bagian dari program normalisasi Kali Citarum dan Cisadane," kata Wakil Wali Kota Jakarta Utara Atma Sanjaya, kepada Tempo, Kamis (24/9).

Keberadaan bangunan-bangunan liar itu, kata Atma, mengganggu aliran Citarum dan Cisadane sehingga menyumbat. Bahkan, beberapa rumah liar mendirikan bangunannya di atas sungai dengan menggunakan tiang. "Itu sangat mengganggu fungsi sungai," ujar dia.

Menurut Atma, normalisasi Citarum dan Cisadane ini merupakan program pemerintah pusat dalam rangka antisipasi banjir. Pemerintah, ujar dia, sudah mensosialisasikan rencana ini kepada warga sejak Juni lalu. Diperkirakan pelaksanaan penggusuran akan berlangsung awal Oktober mendatang.

"Pekan ini akan ada rapat koordinasi untuk persiapan pelaksanaan," imbuh Atma.

Pemerintah sendiri menyediakan beberapa opsi bagi warga yang akan digusur, yakni pindah ke rumah susun Buddha Suci di Kampung Nelayan, rumah susun di Cengkareng, Jakarta Barat, atau dipulangkan ke kampung halamannya. "Kami sudah meminta suku dinas sosial untuk memfasilitasi yang hendak pulang kampung," ujar Atma.

TITO SIANIPAR