-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 September 2009

Satpol PP Jaga Pintu Masuk Pasar Jatinegara

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/09/24/satpol-pp-jaga-pintu-masuk-pasar-jatinegara

Satpol PP Jaga Pintu Masuk Pasar Jatinegara

September 24, 2009 - 11:31
Kategori Berita Terkini, Jaktim

JATINEGARA (POs Kota) - Puluhan pedagang Kaki-5 yang biasanya mangkal di depan pintu masuk Pasar Regional Jatinegara dan Pasar Grosir Jatinegara (PGJ) urung berjualan. Pasalnya, puluhan petugas Satpol PP kecamatan setempat, sejak Kamis (24/9) pagi sudah berjaga-jaga di lokasi dan melarang pedagang membuka lapak.

Para pedagang yang datang ke lokasi tidak ada yang berani membuka lapak. "Wah, hari ini nggak bisa dagang deh. Saya mending mundur daripada nantinya barang dagangan saya disita petugas malah rugi berat," kata Syam, pedagang pakaian.

Biasanya sejak pagi, puluhan pedagang sudah menggelar lapak di sepanjang pintu masuk pasar. Bahkan badan jalan depan PGJ juga ikut dipenuhi pedagang hingga ke jembatan penyeberangan. Namun kali ini pedagang terpaksa membungkus kembali barang dagangannya sebelum sempat dijual.

Sejumlah pedagang mengaku sudah sejak Selasa (22/9) berjualan kembali usai Lebaran. "Hari ke tiga lebaran sudah ramai pembeli, makanya saya sudah buka lagi dan hanya libur saat hari pertama dan kedua Lebaran. Kalau nggak begini mau dikasih makan apa keluarga. Tapi kalau hari ini dilarang, ya mau bilang apa. Saya juga tau kalau di sini memang dilarang, makanya kalau ada petugas begini mending ngga usah buka dulu," papar Nirwan pedagang makanan dan minuman.

Camat Jatinegara, Andri Yansyah, didampingi Wakil Camat Ali Murthado sejak pukul 06:00 sudah berada di lokasi bersama para petugas Satpol PP. "Kami hanya berjaga-jaga supaya lokasi yang dilarang berjualan ini tidak lagi dipakai pedagang berjualan," kata camat.

Namun bila ada pedagang yang nekad tetap menggelar dagangannya, pihaknya tidak segan-segan menertibkan. "Di depan pintu masuk pasar ini kan dilarang berjualan tapi pedagang membandel sehingga bikin macet jalan," papar camat.

Kemacetan Jl. Matraman Raya hingga Bekasi Timu Raya bukan hanya di trotoar dan badan jalan dipenuhi pedagang, tetapi banyak kendaraan pribadi yang juga parkir sembarangan.

(dieni/sir)