-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

01 September 2009

TKI Kirim Rp100 Triliun Per Tahun

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/09/09/93408/23/2/TKI_Kirim_Rp100_Triliun_Per_Tahun

TKI Kirim Rp100 Triliun Per Tahun
Selasa, 01 September 2009 08:51 WIB    


TKI_Kirim_Rp100_Triliun_Per_Tahun

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

SERANG-MI: Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Moh Jumhur Hidayat mengatakan sekitar enam juta orang TKI mengirim uang hingga Rp100 triliun per tahun ke Tanah Air.

"Uang sebanyak itu dikirim sebagian melalui bank dan sebagian lainnya dibawa oleh TKI," kata Jumhur dalam suatu dialog di Serang, Banten, Senin (31/8) malam.

Dialog itu diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Kepala BNP2TKI pada 31 Agustus hingga 14 September.

Ia menegaskan bahwa peran TKI sangat berjasa bagi bangsa dan negara ini karena bisa mengurangi pengangguran, menghidupi rata-rata lima orang anggota keluarganya, dan menimbulkan "multiplier effect" bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Dari kiriman uang tersebut, katanya, menumbuhkan kewirausahaan. "Maka sangat pantas mereka disebut sebagai pahlawan devisa. Jumlah pengiriman uang dari mereka terbesar kedua setelah pendapatan dari sektor migas," katanya.

Oleh karena itu, katanya, pemerintah dan seluruh pihak terkait wajib memuliakan TKI sejak dari pemberangkatan, selama bekerja di luar negeri, hingga kembali ke daerah asal. "Pelayanan dan perlindungan terhadap TKI tidak hanya harus baik tetapi harus sangat baik," katanya. (Ant/OL-7)