-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

26 October 2009

Ada 56 Kasus Gizi Buruk di Kota Semarang

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/10/26/10111721/Ada.56.Kasus.Gizi.Buruk.di.Kota.Semarang.

Topik
Ada 56 Kasus Gizi Buruk di Kota Semarang

Senin, 26 Oktober 2009 | 10:11 WIB

Pada tahun ini tercatat ada 56 kasus gizi buruk pada anak di Kota Semarang. Anak-Anak ini berasal dari keluarga tidak mampu. Selain karena ketidakmampuan orangtua memberikan gizi yang seimbang kepada anak, kasus gizi buruk tersebut juga disebabkan ketidaktahuan orangtua akan gizi.

Dokter JC Susanto SpA (K) mengatakan hal tersebut dalam acara Dialog Interaktif bertema "Gizi Seimbang, Makanan Sehat Bergizi untuk Buah Hatiku" di TK Taman Putra, Banyumanik, Kota Semarang, Sabtu (24/10).

"Tidak ada yang dirawat di rumah sakit, semua rawat jalan. Empat di antaranya meninggal karena sakit jantung bawaan. Selain faktor makanan dan pola asuh, gizi buruk juga bisa disebabkan oleh faktor sakit," katanya.

Susanto mengatakan, perawatan anak-anak dengan status gizi buruk tersebut ditangani Dinas Kesehatan Kota Semarang, bekerja sama dengan Rumah Sakit Kariadi Semarang, Universitas Diponegoro Semarang, serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Salah satu organisasi kemasyarakatan tersebut adalah Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI). Ketua Cabang WKRI Kota Semarang AMC Trihandayani mengatakan, pihaknya membantu menangani anak-anak dengan status gizi buruk yang ada di Kecamatan Gajahmungkur, Semarang Barat, Ngaliyan, dan Semarang Utara. (IKA)