-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

27 October 2009

Dewan Desak Bulog Perbaiki Kualitas Raskin

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/17976-dewan-desak-bulog-perbaiki-kualitas-raskin-.html

Dewan Desak Bulog Perbaiki Kualitas Raskin
Selasa, 27 Oktober 2009 02:06
LEBAK, BK
Sebagian masyarakat di Kabupaten Lebak mengeluhkan buruknya kualitas beras untuk rakyat miskin (raskin) yang mereka terima. Selain itu, takaran beras dalam karung yang mereka beli pun berkurang.

Terkait masalah itu, anggota DPRD Lebak meminta Subdivre Bulog Lebak segera memperbaiki kualitas dan takaran raskin sebelum disalurkan kepada masyarakat. Dewan juga meminta Bulog mengevaluasi sistem penyaluran raskin supaya tepat sasaran.

"Kami kerap menerima pengaduan dari warga tentang buruknya kualitas raskin dan berkurangnya timbangan beras," terang anggota DPRD Lebak, Enden, Senin (26/10).

Enden berharap Bulog secepatnya mengevaluasi pengaduan warga penerima raskin tersebut. Sebab, jika Bulog tidak cepat bertindak, maka warga miskin yang dirugikan atas kondisi tersebut. "Bulog juga harus segera mengubah sitem pendistribusian raskin, yaitu dengan cara jemput bola. Pendistribusian harus diubah supaya beras tidak cepat busuk. Langkah itu perlu diambil agar penyerapan raskin di Lebak sesuai target," ujar Enden.

Ia juga meminta seluruh elemen masyarakat ikut memantau pendistribusian raskin Jika menemukan raskin tidak layak dikonsumsi atau pengurangan timbangan beras, wakil rakyat itu meminta warga segera melaporkannya.

Pernyataan senada dilontarkan Sekretaris Forpek Nusanatra DPC Lebak A Hakiki Hakim. Menurut dia, Bulog harus memperbaiki kualitas raskin yang disalurkan kepada masyarakat. Sebab, masyarakat menerima beras yang disubsidi pemerintah sebesar Rp3.900 itu dengan cara membelinya seharga Rp1.600 per kg. O sep