-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

02 October 2009

Foke Kapok Gelar Antrean Bagi-bagi Bingkisan Lebaran

http://www.detiknews.com/read/2009/09/23/055151/1207906/10/-foke-kapok-gelar-anteran-bagi-bagi-bingkisan-lebaran

Rabu, 23/09/2009 05:51 WIB
Foke Kapok Gelar Antrean Bagi-bagi Bingkisan Lebaran
Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Pada Idul Fitri 2010, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tidak akan membagi-bagikan bingkisan Lebaran lewat antrean warga miskin Jakarta. Hal ini untuk menghindari kericuhan seperti yang terjadi pada hari kedua Lebaran 21 September lalu.

"Walaupun waktunya masih cukup lama, kegiatan seperti ini tidak akan diselenggarakan lagi," kata Fauzi Bowo dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Selasa (22/9/2009).

Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, akan mengubah pembagian bingkisan lebaran dari pembagian lewat antrean ke penyaluran langsung berdasarkan data Keluarga Miskin (Gakin).

"Kegiatan serupa formatnya akan dilakukan dengan penyaluran langsung kepada masyarakat miskin yang sudah terdaftar dalam Gakin," ujarnya.

Foke menjelaskan silaturahmi dengan warga miskin itu bukanlah dalam rangka menyalurkan zakat, infaq, dan shadaqah. Melainkan, usaha spontan beberapa pengusaha untuk menyediakan bingkisan Lebaran bagi warga.

Kericuhan mewarnai pembagian bingkisan Lebaran di Balaikota di hari kedua Lebaran 21 September lalu. Belasan ibu-ibu terinjak-injak sebelum akhirnya pingsan. Foke mengatakan, sebenarnya bingkisan Lebaran lebih dari cukup untuk ribuan warga miskin yang hadir mengantre.
(lrn/lrn)