-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

15 October 2009

Kebakaran Gemparkan Warga Kotabambu

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/16977-kebakaran-gemparkan-warga-kotabambu.html


Kebakaran Gemparkan Warga Kotabambu
Kamis, 15 Oktober 2009 02:17
JAKARTA, BK
Sebuah rumah di RT 05/11 Kelurahan Kotabambu Utara, Palmerah, Jakarta Barat ludes dilalap si 'jago merah', Rabu (14/10). Tidak ada korban dalam peristiwa itu, namun diperkirakan memicu kerugian puluhan juta rupiah.

Berdasarkan saksi mata, Mahmud (45), musibah yang terjadi sekitar pukul 12.30 tersebut sempat membuat warga sekitar panik. Selain bangunan di lingkungan padat itu umumnya terbuat dari kayu, saat itu angin bertiup kencang.

"Sebenarnya warga langsung berusaha memadamkan api. Tapi karena bahan bangunan rumah tersebut terbuat dari kayu, usaha warga menjadi sia-sia," ujarnya.

Kobaran api baru dapat dipadamkan satu jam kemudian setelah 10 unit armada pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Lurah Kotabambu Utara Achmad Sajidin mengungkapkan, belum diketahui pemicu musibah secara pasti, namun diduga akibat korsleting listrik.

Sementara berdasarkan data Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakbar, dari 152 musibah kebakaran sejak awal tahun ini, selain menyebabkan kerugian materi cukup besar juga menawaskan 20 orang. Yakni, di Kecamatan Kalideres 26 kasus, Cengkareng (23), Grogolpetamburan (22) dan Kembangan (22), Tambora (21), Kebonjeruk (18), Tamansari (11), dan Palmerah (10).

"Mengingat banyaknya kasus kebakaran, saya meminta warga lebih waspada khususnya masalah instalasi linstrik," imbuh Kasudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Sudjadi. O oan