-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

13 October 2009

OYK Digelar Pekan Ini

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/16812-oyk-digelar-pekan-ini.html

OYK Digelar Pekan Ini
Selasa, 13 Oktober 2009 03:16
JAKARTA, BK
Pekan ini Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Operasi Yustisi Kependudukan (OYK) di semua titik rawan pendatang baru, tak terkecuali kawasan elit seperti apartemen. Sasarannya, tidak hanya warga negara Indonesia (WNI), warga negara asing (WNA) yang tidak mengantongi kelengkapan adiminstrasi kependudukan juga bakal dijaring.

Kepastian itu diungkapkan Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni kepada wartawan, Senin (12/10). Menurut dia, setiap tahun fenomena pendatang selalu terjadi sehingga OYK digelar. Melalui upaya ini warga yang berniat mengadu nasib ke Ibukota, memahami aturan daerah tujuan. "Datang ke DKI Jakarta boleh saja. Asal peraturan di daerah tujuan diikuti. Itu sebabnya OYK digelar karena mereka tidak patuh aturan," kata Sylviana.

Sylviana menambahkan, para pendatang baru harus mengantongi keahlian agar bisa bersaing di Ibukota, memiliki saudara/kerabat, membawa surat keterangan dari daerah asal, dan sebagainya. Sylviana menuturkan, waktu OYK belum bisa dipastikan, kemungkinan antara 14 dan 15 Oktober 2009.

Kasudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Muhammad Hatta menuturkan, OYK akan digedlar pagi dan siang hari. Tidak malam sebagaimana kegiatan tahun sebelumnya. Alasannya, karena kegiatan itu akan melibatkan Kejaksaan dan Pengadilan. Sayangnya kapan waktu pelaksanaan OYK, Hatta enggan menjelaskannya. "Jangan tanya kapan waktu dan daerah sasarannya. Tanya langsung ke Kepala Dinas Dukcapil saja," ungkapnya seraya menambahkan, OYK kali akan membidik perkampungan, hotel, dan apartemen.

"Tahun ini, petugas akan lebih berani masuk ke apartemen mewah. Dari lokasi itu kita berharap bisa menangkap WNA yang surat izin tinggalnya sudah habis, tak memiliki izin tinggal, dan sebagainya," katanya. O amh