-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

01 October 2009

PKL Binjai Tolak Direlokasi

http://sumutcyber.com/?open=view&newsid=6969

PKL Binjai Tolak Direlokasi


Rabu, 30 September 2009 | 12:33:18
Binjai, Sumutcyber-Pedagang kaki lima (PKL) di Jalan KH A Wahid Hasyim Binjai mengeluh ketiadaan lokasi berdagang. Karenanya PKL kini tidak bisa mencari nafkah.

Seperti yang dialami seorang PKL bernama Ida dimana setelah penggusuran pedagang, kesulitan untuk menghidupi keluarganya. "Yang saya tanggung enam orang. Suami saya sudah tidak ada sehingga saya yang menghidupi keluarga dengan berjulan," ujarnya.

Ida menambahkan, ada imbauan agar PKL bedagang di sky cross. Tapi jika berdagang di sky cross, tidak ada pembeli. "Kami bukannya tidak mau naik ke atas, tapi jika kami naik ke atas tidak ada pembeli. Mendingan kami tidak usah berjualan," ucapnya.

Daripada pemerintah membangun sky cross, lanjutnya, lebih baik pedagang diberi modal agar dapat menyewa kios sehingga tak ada lagi PKL. "Pemerintah membangun sky cross tapi tidak berguna, lebih bagus beri kami modal untuk menyewa kios. Kami mau naik ke atas apabila lif sky cross sudah aktif, agar pembeli mau naik ke atas," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Jali. Sebab ia sudah pernah merasakan tujuh bulan berjualan di sky cross tapi tidak ada pembeli. "Saat saya berjualan pakaian di atas. Jarang sekali ada pembeli. Bahkan saya tidak ada buka dasar," ujar Jali.

Namun dari penggusuran yang dilakukan Satpol PP, suasana di pinggir Jalan KH A Wahid Hasyim menjadi bersih. Demikian pula di bawah sky cross sepi dari pedagang sehingga memudah warga untuk menyeberang. (smg)