-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

21 October 2009

SBY Harus Mampu Sejahterakan Rakyat

http://www.republika.co.id/berita/83762/SBY_Harus_Mampu_Sejahterakan_Rakyat

SBY Harus Mampu Sejahterakan Rakyat

By Republika Newsroom
Rabu, 21 Oktober 2009 pukul 08:01:00

JAKARTA--Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai bahwa pemerintahan SBY yang baru ini harus mampu mensejahterakan rakyat dan memberantas kemiskinan. Ini ditegaskan Ketua PBNU Mustofa Zuhad Mughni di Jakarta kemarin.

''Kami harap mampu mensejahterakan rakyat yang saat ini masih banyak yang dibawah garis kemiskinan. Selama periode pertama, sektor makro ekonomi telah terkelola dengan cukup baik, namun demikian, dalam sektor mikronya, masih banyak kelemahan yang harus dibenahi,'' paparnya.

Ditambahkan Mustofa bahwa sektor UKM harus diperkuat perannya. Beberapa program pemerintah yang bisa digalakkan diantaranya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). ''Ini harus diperluas dan diintensifkan supaya sektor usaha kecil bisa bekerja dengan baik,'' katanya.

Terkait dengan isu Syarif Hasan yang akan diplot menjadi Menteri Koperasi dan UKM, salah satu komisaris Bank BRI Syariah ini mengaku belum banyak mengetahui latar belakang dan visinya terhadap pengembangan UKM. Yang jelas ia kurang bersentuhan dengan sektor ini.

''Menteri memang tak harus berasal dari latar belakang kementerian yang dipimpinnya, asal ia memiliki visi yang jelas dan kemampuan manajerial yang baik dalam pengembangan UKM, ia akan berhasil,'' ucap Mustofa. osa/ahi