-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

12 October 2009

Tangerang Selatan Akan Bangun Rumah Sakit untuk Warga Miskin

http://www.tempointeraktif.com/hg/layanan_publik/2009/10/12/brk,20091012-202100,id.html

Tangerang Selatan Akan Bangun Rumah Sakit untuk Warga Miskin

Senin, 12 Oktober 2009 | 13:17 WIB

TEMPO Interaktif, Tangerang - Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah di kawasan Pondok Cabe, Ciputat. Pembangunan fisik rumah sakit tipe B itu akan dimulai 2010 mendatang.

"Ini rumah sakit khusus bagi warga yang tidak mampu," ujar Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Dadang M Epid, kepada Tempo, Senin (12/10).

Dadang mengatakan total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut sebesar Rp 160 miliar. Rinciannya, Rp 100 miliar untuk alat kesehatan dan Rp 60 miliar untuk pembangunan fisik . Dana untuk pembangunan fisik rumah sakit kelas III itu didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional Rp 35 miliar dan Rp 25 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tangerang Selatan dan Provinsi Banten.

Pemerintah daerah juga akan mengakomodasi kebutuhan untuk pengadaan alat kesehatan bagi rumah sakit yang rencananya terdiri dari 236 tempat tidur itu. Menurut Dadang, pembangunan rumah sakit itu dilatar belakangi terbatasnya tempat tidur Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang yang berada Kota Tangerang saat ini.

Menurut dia, Rumah Sakit Umum Daerah tersebut sudah tidak ideal melayani lima juta warga yang ada di Kabupaten, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan, terlebih pasien dari keluarga yang tidak mampu. Ia menjelaskan, kapasitas kelas III di rumah sakit itu hanya 60 tempat tidur.

Faktor lainnya, kata dia, Tangerang Selatan belum memiliki rumah sakit umum daerah dan masih kekurangan fasilitas kesehatan seperti puskesmas. Jumlah puskemas di wilayah baru terbentuk itu hanya 10 unit. Angka ini jauh dari kata ideal dengan jumlah penduduk yang mencapai 1.244.000 jiwa. "Idealnya 30 ribu penduduk dilayani oleh satu puskesmas,"kata Dadang.

Untuk menemukan angka ideal itu, ia meneruskan, di Tangerang Selatan harus ada 40 Puskesmas. Tangerang Selatan merupakan kota yang baru terbentuk pada 24 Januari lalu, merupakan hasil pemekaran daerah Kabupaten Tangerang.

Tangerang Selatan terdiri dari tujuh kecamatan yaitu Ciputat, Ciputat Timur,Serpong, Serpong Utara, Pamulang, Pondok Aren dan Setu dengan luas wilayah 14.700 Kilometer. Tangerang Selatan sebuah wilayah perkotaan yang berbatasan dengan ibu kota Jakarta. Di wilayah itu saat ini sudah berdiri 13 rumah sakit swasta dengan standar nasional dan internasional di antaranya Rumah Sakit Internasional Bintaro, Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutra Tangerang dan Eka Hospital Bumi Serpong Damai.

Kehadiran rumah sakit swasta itu, menurut Dadang, cukup membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat." Tapi secara sosial belum," kata dia.

JONIANSYAH